Paket Wisata Kurnia Dieng Murah 2017
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / Pin BBM: D4390AEE

KAWAH SIKIDANG

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Kawah ini berada di Desa Dieng Kulon,Kecamatan Batur,Kabupaten Banjarnegara. Terjadinya kawah Sikidang,menurut legenda yang hidup ditengah masyarakat ternyata dilatarbelakangi sebuah kisah cinta seorang raja yang berakhir tragis. Kisah antara seorang raja yang terkenal sakti,kaya raya,dan bertubuh tinggi besar namun berkepala kijang (bahasa jawa: Kidang) bernama Raja Kidang Garungan. Dengan seorang ratu yang cantik dan terkenal,yang bernama Ratu Sintha Dewi.

kawah sikidang dieng
Kawah Sikidang Dieng

Lava di dalam kawah ini sangat panas,mendidih dan bergejolak seolah-olah melompat seperti kijang,oleh karena itu diberi nama kawah Sikidang (Sikijang). Dengan kedalaman 1-2 meter dari permukaan tanah,bibir kawah sangat mudah longsor(labil). Apabaila terjadi aktivitas-aktivitas vulkanik, kawah akan semakin bertambah besar.

Dari air bercampur lumpur yang berwarna keabu-abuan dan hitam pekat ini tercium bau belerang yang sangat menyengat. Asap atau uap belerang tersebut sebaiknya kita hindari. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menentang arah angin. Akan tetapi, sedikit uap belerang akan dapat menghaluskan kulit wajah dan menghilangkan jerawat, merupakan salah satu kosmetik alami. Disekitar kawah utama terdapat kawah-kawah kecil. Uniknya kalau kita membawa telur dan kita letakkan tepat diatas lubang kawah kecil tersebut,setelah kita tunggu beberapa saat,telur tersebut akan matang

kawan sikidang dieng
Kawah Sikidang

Beberapa kejadian kecelakaan pernah terjadi di kawah ini, umumnya disebabkan karena bunuh diri maupun terperosok. Mereka menerjunkan diri ke dalam kawah panas dan tewas secara mengenaskan. Temperatur lava rata-rata hampir mencapai 100° Celcius, bahkan terkadang bisa lebih tinggi. Kawah Sikidang ini memang sangat menarik, tetapi kita harus berhati-hati saat berkunjung ke kawah Sikidang ini.

0 Response to "KAWAH SIKIDANG"

Populer Di Dieng