Paket Wisata Kurnia Dieng Murah 2017
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / Pin BBM: D4390AEE

Kesenian Lengger Khas Dieng

Selain ruwatan rambut gimbal yang sangat terkenal mendunia, di dataran tinggi Dieng juga memiliki kesenian budaya yang tidak kalah serunya. Nama dari kesenian tersebut adalah tari lengger. Tarian tersebut melibatkan laki-laki dan perempuan.

tari topeng dieng


Dari pihak laki-laki biasanya lebih banyak dan mereka menggunakan topeng yang berubah-ubah menyrut karakternya masing-masing. Ada yang berkarakter lembut, tegas, pemarah, lucu, dll. Semua dituangkan dalam sebuah tarian. Sedangkan dari pohak perempuan menjadi sang lengger, lengger tersebut biasanya menemani menari namun tidak sampai selesai.

Terkadang penari laki-lakinya kerasukan atau orang Dieng sendiri menyesbutnya mendem. Didieng sendiri kegiatan tarian lengger ini sering diadakan jika ada acara khusus seperti kitanan, nikahan, peringatan 17 agustus, hari jadi kota Wonosobo atau acara desa Dieng lainnya.

kesenian dieng

lengger dieng

tari lengger dieng

tarian khas dieng

Tarian ini diiringi oleh alunan suaran gendingan yang khas, yang lebih uniknya lagi jika seseorang penonton yang sudah biasa Mendem alias kesurupan pasti dian akan kesurupan meskipun hanya menonto saja. Ini akan menjadi lebih menarik jika ditonton langsung.

Jadi jika anda ingin bepergian ke Dieng bersama rombongan jangan lupa untuk mengmbil paket wisata Dieng dari kami, kami siap untuk memberikan acara tambahan pertunjukan tari lengger ini untuk anda.

0 Response to "Kesenian Lengger Khas Dieng"

Populer Di Dieng