Paket Wisata Kurnia Dieng Murah 2017
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / Pin BBM: D4390AEE

Sekedar Tips Ringan Camping Di Dieng

Camping atau kemah merupakan kegiatan outdoor paling mengasikkan. Kita bisa membuat tenda, api unggun, bakar-bakar jagung / sosis, bernyanyi, bermain, berdiskusi, dll. Banyak di Indonesia tempat yang asik untuk melakukan camping. Namun berhubung web ini berhubungan dengan dataran tinggi Dieng, maka kami akan mengulas sedikit mengenai camping / kemah di dataran tinggi Dieng.

tips camping di dieng


Seperti tulisan kami sebelum ini menyebutkan dataran tingggi Dieng termasuk dalam 4 wilawah Kabupaten Wonosobo, banjarnegara, Batang, Pekalongan. Dan akses termudah menuju Dieng yaitu melewati jalur kota Wonosobo.

Lihat Juga = Paket Wisata Camping Dieng

Berbisaca soal camping ada beberapa spot camping ground yang dapat anda kunjungi di Dieng. Diantaranya Telaga Dlingo, Komplek Candi, Bukit Sikunir, Gunung Prau. Beberapa tempat tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. maka dari itu kawan kurnia Tour ingin sekedar membagikan tips ringan untuk anda traveler apalagi yang baru saja melakukan camping di Dieng.


Tips Camping Di Telaga Dlingo Dieng

Telaga Dlingo masuk dalam kabupaten Banjarnegara. Jadi arah yang harus anda tempuh yaitu setelah masuk pertigaan Dieng dari arah Wonosobo langsung saja ambil jalan yang ke kiri. Jika anda masih bingung bisa cari di google earth atau tanya saja dengan warga yang anda jumpai disana.

Dlingo merupakan salah satu telaga yang ada di dataran tinggi Dieng. Jika anda ingin berkemah di sana, tentunya ada persiapan khusus yang perlu diketahui. Bisa dilihat dibawah ini mengenai persiapan khusus itu:

Perlengkapan dan makanan
- alat camping set lengkap, ini barang penting yang jangan sampai terlupakan baik tenda, SB, kompor, Matras, dan beberapa perlengkapan pendukung lainnya.
- makanan, ini juga jangan sampai tertinggal karena di Dlingo tidak ada warung buka seperti di tempat camping lainnya seperti sikunir dan komplek

Kendaraan
Untuk menuju akses ke telaga Dlingo anda bisa menggunakan sepeda motor sampai ke tempat camping. Jika anda bingung sewa saja di daerah Dieng ketika anda datang. Di Dieng pas banyak jasa penyewaan sepeda motor. Jaraknya cukup jauh dari pusat Dieng dan dilokasi kemah juga cukup sepi jauh dari warga setempat.

Jangan Sendiri
Seperti yang dijelaskan diatas bahwa bahwa lokasinya jauh dari keramaian, maka jika anda ingin camping di Dlingo usahakan jangan sendirian, ajakalah teman / soudara yang setidaknya sudah pernah camping dimanapun tempatnya. Jika terpaksa anda sendirian dan ingin kesana, maka pakailah jasa guide Dieng untuk mengantar dan menemani anda ke telaga dlingo.

Untuk teknik camping mungkin tidak akan saya jelaskan disini karena, saya yakin anda akan lebih jago dari saya. Oke, next lanjut ke tips yang kedua

Lihat Foto Lokasi Telaga Dlingo

Tips Kemah di Komplek Candi Dieng

Komplek candi ini berada di dekat pusat Dieng, jadi untuk menuju kesana sangat mudah dan dekat. Untuk menuju ke Candi Dieng itu anda bisa Jalan kai / Motor / Mobil semuanya bisa masuk sampai ke lokasi.

Berhubung ini dekat dengan pusat perbelanjaan maka, anda tidak usah khawatir untuk membawa bekal dari rumah. Di Dieng anda bisa membeli stok makanan dan keperluan lain seperti kesehatan di daerah sana. apalagi dekan dengan komplek Candi terdapat Mini market terkenal di Indonesia.

Seperti biasanya jangan lupa membawa perlengkapan kemah yang lengkap. Ajaklah teman untuk merasakan nikmatnya kemah di Dieng. Di Candi ini jika tidak menggunakan guide tidak masalah (tapi sarannya si pakai biar aman).

Disini termasuk dalam kelas ringan untuk sebuah camping, namun tetap saja berhati-hati, karna keselamatan itu no 1.

Lihat foto lokasi Candi

Tpis Camping Di Sikunir Dieng

Sikunir oh sikunir, tempatnya golden sunrise terbaik di jawa. Di bukit sikunir sendiri memiliki jarak sekitar 2 KM dari pusat Dieng. Anda bisa menuju kesana dengan menggunakan sepeda mototr / Mobil bahkan bus mikro seat 18 orang.

Di bukit Sikunir terdapat tempat parkir yang teramat luas seluas lapangan sepak bola (ya karena dulunya memang lapangan sepak bola). Disebelah lapangan terdapat telaga cebong yang membentang luas dan indah. Jadi rute biasa para wisatawan yaitu Parkiran-Naik Bukit-Telaga Cebong.

Berbeda jika anda ingin camping. Spot camping di sikunir disediakan di samping-samping telaga cebong tersebut. Jika weekend atau hari libur disrankan datang lebih awal, karena dijamin disana akan penuh sesak dengan pengunjung kemah.

Keunggulan kemah disana yaitu anda bisa sendiri jika ga punya teman. Karena di tempat kemah tersebut banyak orang lain yang mendirikan tenda juga, banyak warung-warung yang menyediakan berbagai makanan. Pokonya kalau camping di telaga Cebong ini tidak usah begitu ribet persiapannya anda hanya membutuhkan perlengkapan kemah saja. Untuk makan /minuman sudah banyak dijual di lokasi itu.

Biasanya kalau rame weekend dan hari libur, jadi selain hari itu silahkan bawa perlengkapan kemah lengkap dan makanan untuk jaga-jaga siapa tau tidak ada warung buka sampai 24 jam.

Lihat foto lokasi Camping Sikunir

Tips Kemping di Gunung Prau

Meskipun saya belum pernah ke Gunung Prau secara langsung, namun dari beberapa cerita teman-teman saya di Dieng di Gunung Prau jauh lebih Indah baik itu track, lokasi kemah, dan pemandangannya.

Untuk bekemah di gunung prau anda harus jalan kaki sekitar 3-5 Jam tergantung fisik anda masing masing. Start bisa dari Dieng pas atau dari desa sibanteng, semuanya memiliki karakteristik track yang berbeda untuk menuju puncak. Jika anda melewati jalur Dieng pas maka jalan yang dilewati landai tapi panjang, sedang kan jika melewati sibanteng maka jalannya terjal namun dekat.

Sama denga telaga dlingo, anda harus mempersiapan perlengkapan kemah yang lengkap mulai dari peralatan dan makannya. Di gunung prau sendiri telah disediakan spot yang khusus untuk mendirikan tenda. Udara disana sangat dingin melebihi camping di ketiga tempat lainnya diatas, jadi pakailah baju sehangat mungkin agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Lihat foto lokasi camping G. Prau

Sedikit informasi itu kiranya dapat berharga bagi anda yang inign melakukan camping di Dieng. Dan 1 hal lagi yang amat penting jangan buang sampah sembarangan, jika perlu kantongin dan buang di tempat sampah rumah anda. Dan ini yang terakhir jangan meninggalkan api / asap bentuk apapun di tempat camping dieng. OK.....OK...??

0 Response to "Sekedar Tips Ringan Camping Di Dieng"

Populer Di Dieng