Paket Wisata Kurnia Dieng Murah 2017
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / Pin BBM: D4390AEE

Berwisata Di Pengunungan Dieng

Dieng merupakan salah satu tempat paling indah yang ada di Indonesia bahkan dunia. Mungkin banyak sekali pertanyaan dimana letak pegunungan Dieng? kali ini Kurnia Dieng Tour ingin sedikit memberikan informasinya untuk anda, Dieng adalah suatu pegunungan yang terletak di kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo, provinsi Jawa Tengah. apabila diperhatikan Dieng ini berada di kawasan desa Dieng Kulon yang masuk dalam kecamatan Batur, Banjarnegara dan Dieng Wetan yang masuk dalam kecamatan Kejajar wonosobo. Pegunungan Dieng dapat terlihat jelas ketika anda berada di puncak gunung sindoro dan sumbing.

Informasi Pegunungan Dieng

Profil Pegunungan Dieng

Pegunungan Dieng sendiri bisa dikatakan sebagai gunung api raksasa purba yang masih aktif. Ini terbukti dengan adanya beberapa kawah yang ada seperti Sikidang, Sileri, Sibanteng, Sinila, Timbang, dll. Ketinggian pegunungan Dieng diperkirakan sampai 2 ribu MDPL. Secara umum di pegunungan Dieng ini bersuhu sangat dingin, bahkan dapat mencapai minus derajat celsius jika musim kemarau (Juli-Agustus).

Sama seperti yang telah disebutkan di artekel sebelumnya tentang Sejarah Gunung Dieng. Bahwasannya Dieng ini memiliki arti kata tempat bersemayamnya para dewa dewi waktu lampau. Selain itu sejarah Pegunungan Dieng menyebutkan di tahun 1979 ada letusan dasayat kawah Sinila yang menyebabkan korban banyak orang. Selain gempa ledakan ini menyebabkan tersebarnya gas beracun. Bukan hanya manusia namun hewan ternak dan perkebunan juga menjadi korban serangan kejadian memilukan 1979 tersebut.

Kenapa Disebut Pegunungan Dieng?

Dari beberapa sumber terkait menyebutkan bahwa Pegunungan adalah suatu perkumpulan dataran yang lebih tinggi dari dataran sekitarnya. Atau bisa dikatan juga bahwa Dieng ini memiliki beberapa gunung / bukit yang berada di sekitarnya. Kini kita lihat daftar gunung apa saja yang ada dalam 1 desa Dieng ini?
  • Gunung Prau
  • Gunung Pakuwojo
  • Gunung / Bukit Sikunir
  • Gunung Pangonan
  • Gunung Sidengkeng
  • Bukit ratapan angin
  • Bukit Petak Smbilan
  • Bukit Seroja
  • Bukit Sumurup
Sungguh mengesankan dalam satu tempat kecil terdapat beberapa daftar tempat wisata gunung dan bukit yang berdiri kokoh mengelilingi satu desa dan mungkin juga masih ada lainnya yang tidak kami ketahui.

Pegunungan Dieng sangat kaya akan alamnya, terbukti dengan usaha warga setempat yang banyak menjadi petani sukses. Beberapa sayuran yang dihasilkan disana antara lain: kentang, kubis, wortel, bawang, jamur, carica / pepaya gunung, purwaceng, dan lain-lain. Jadi bagi anda wisatawan yang sekaligus pecinta belanja bahan makanan, di Dieng ini sangat pas untuk tempatnya membeli beberapa sayuran segar dengan harga murah.

Budaya dan Agama di pegunungan Dieng masih sangat kental dan terjaga. Mayoritas penduduk disana beragama muslim dan masih sangat menjada budaya jawa yang sopan dan santun. Terbukti dengan adanya peraturah untuk Penginapan Homestay Di Dieng yang tidak boleh tidur sekamar jika belum menikah.

Keistimewaan Warga Di Pegunungan Dieng

Satu lagi keistimewaan kekayaan puncak gunung Dieng yang sudah tersebar di dunia adalah rambut gimbal. Ini merupakan kejadian alam yang tidak bisa hilang dari desa Dieng, banyak sekali metode dan teori mengenai terjadinya rambut gimbal ini. ada yang beranggapan ini akabat dari cuaca, suhu, zat, yang berada di kawasan pegunungan Dieng yang menyebabkan beberapa rambut warga disana menjadi gimbal. Namun ada pula yang mengatakan bahwa ini adalah keturunan dari kolodete seorang tokoh sejarah yang kental dengan desa Dieng.

Rambut gimbal di pegunungan Dieng ini menjadi sangat berarti dan berkesan ketika dibalut dan digabungkan dengan jiwa seni dan budaya serta pariwisata. Adaya ruwatan rambut gimbal setiap tahunnya di pegunungan Dieng ini sudah terseohor di seluruh dunia. DCF (Dieng Culture Festival) adalah nama kegiatan dari ritual potong rambut gimbal yang mampu menyedot puluhan ribu mata wisatawan untuk melihatnya.

Warga di pegunungan Dieng mayoritas berkerja sebagai petani, pedagang, dan pelaku wisata. Namun ada juga profesi lainnya seperti PNS dan lain2x.

Objek Wisata Pegunungan Dieng

Dari judul artikel ini kita akan membahas juga tentang segi wisata di Dieng. Dataran tinggi Dieng memang sangat terkenal akan objek wisatawanya yang beragam dan banyak. Kekayaan alam yang sangat luar biasa ada di puncak gunung Dieng ini. Bagi anda yang penasaran tentang objek wisata Dieng bisa lihat selengkapnya di daftar tempat wisata Dieng.


Peta Dan Denah Wisata Pegunungan Dieng

Bagi wisatawan yang ingin tour ke Dieng apalagi jalan sendiri tanpa mengambil paket wisata, ini ada petak lokasi Dieng yang terletak di Wonosobo.

letak pegunungan dieng
Diatas adalah gambaran desa Dieng yang dilengkapi dengan posisi letak objek wisatanya. Akses yang ditunjukkan dalam peta diatas melalui jalur kota Wonosobo.

Hotel Di Pegunungan Dieng

Ada beberapa penginapan juga yang bernama Hotel, namun mayoritas disana yaitu penginapan kelas homestay. Bermalam di Dieng memang idaman bagi setiap wisatawan, sia-sia jika anda berkunjung kesini namun tidak merasakan tidur dan bermalam di pegunungan Dieng ini. Merasakan suasana malam hari yang dibalut dengan dinginnya udara akan membuat suasana liburan anda akan lebih terasa maksimal. Bagi wisatawan yang ingin mencari penginapan di Dieng, kami memiliki beberpaa daftar penginapan murah dan rekomended untuk anda.

0 Response to "Berwisata Di Pengunungan Dieng"

Populer Di Dieng