Paket Wisata Kurnia Dieng Murah 2017
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / Pin BBM: D4390AEE

6 Puncak Terpopuler Di Dataran Tinggi Dieng

Salam wisata untuk teman-teman semua. Seperti yang kita ketahui bahwa berwisata itu tidak ada batasan destinasi. Ada wisatawan yang suka dengan wisata kuliner, belanja, laut ataupun gunung. Semuanya tidak ada masalah asalkan wisatawan juga menyikapinya dengan positif. Kali ini Kurnia Dieng Tour ingin memberikan sedikit informasi mengenai puncak di dataran tinggi Dieng. sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai puncak yang ada di desa Dieng, sebaiknya kita ketahui dahulu apa itu puncak dan apakan benar di Dieng memiliki puncak?

Pengertian Puncak

Menurut KBBI: Puncak adalah sesuatu yang berada paling atas atau teratas. Misalkan dalam pekerjaan anda bisa menduduki jabatan tertinggi maka bisa dikatakan berada di puncak karir. Misalkan bukit cinta semarang puncaknya berada di pohon beringin, dst.

Namun jika kita berbicara tentang wisata maka puncak biasanya berhubungan dengan gunung atau dataran yang tinggi seperti puncak bogor, puncak sindoro, puncak sumbing, dan termasuk juga puncak Dieng.

Puncak dalam wisata juga sering di kaitkan dengan kata memuncak atau dapat diartikan kegiatan mendaki ke dataran yang tinggi. Bisa juga dikaitkan dengan kata pemuncak yang memliki arti sebagai pelaku / orang yang melakukan aktifitas memuncak.

Dari beberapa keterangan dan latar belakang tantang puncak diatas, maka Kurnia Dieng Tour memiliki anggapan bahwa di dataran tinggi Dieng memiliki beberapa puncak yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Namun dengan keterbatasan, kali ini kami hanya ingin memberikan informasi tentang 6 puncak saja yang paling populer didatangi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Mari kita lihat bersama profil puncak-puncak tersebut.

Apa Saja Puncak Terpopuler Dieng?

1. Puncak Prau Dieng

puncak gunung prau dieng
Prau merupakan suatu salah satu gunung yang ada di dataran tinggi Dieng. Di gunung prau ini wisatawan dapat mendakinya dengan waktu 3-5 jam saja melaui beberapa jalur yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Pengelola yang ada bisa wisatawan jumpai di basecamp Banteng dan basecamp Dieng.

Di gunung Prau sendiri memiliki bentuk puncak yang sangat luas, terdapat juga tower dan bukit teletabis. Jadi wisatawan yang memuncak di Prau bisa berkemah di atas tanpa harus takut kehabisan lahan perkemahan. Di puncak Prau wisatawan bisa menikmati sunrie yang sangat indah sambil ditemani oleh segelas kopi panas. rasanya BIEuuuhhhhhh...... tiada duanya :-)

Info tambahan lihat foto gunung Prau

2. Puncak Sikunir Dieng

puncak bukit sikunir dieng
Desa Dieng sepertinya mendapatkan keluarga baru yaitu desa Sembungan. Pasalnya akhir-akhir ini di desa Sembungan terdapat tempat wisata baru yang sangat ramai yaitu bukit Sikunir. Sama halnya dengan puncak Prau, sikunir ini juga merupakan spot sunrise Dieng. Namun perbedaanya di puncak sikunir ini tidak disediakan tempat untuk camping mendirikan tenda. Jika wisatawan yang ingin mendirikan tenda bisa di sekitar kawasan telaga cebong yang berada pas di bawah bukit Sikunir tadi.

Jarak dari telaga cebong sampai ke puncak sikunir berjarak sekitar 800 meter saja. Dengan durasi waktu berjalan norma sekitar 40 menit. Dari atas puncak sikunir wisatawan bisa menikmati sunrise sambil jajan kopi / kentang diatas. Selain sunrise wisatawan juga bisa melihat telaga cebong dari atas jika matahari sudah mulai muncul.

Info tambahan lihat Foto Puncak Sikunir Dieng

3. Puncak Gunung Pakuwojo

puncak gunung pakuwojo dieng
Gunung Pakuwojo ini berada dekat dengan bukit Sikunir. Pendakian di puncak pakuwojo ini disarankan sekitar jam 3 pagi agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, waktu tempuh dalam memuncak diperkirakan sekitar 40-60 menit saja. Hasil sunirise di puncak Pakuwojo sama indahnya dengan puncak perahu dan puncak sinukir.

Dalam perjalanan ke puncak Pakuwojo ini juga sering terdapat beberapa sisa-sisa sesajen yang masih hangat. Wajar saja karena di tempat ini masih sering dijadikan untuk mencari wangsit dll.


4. Puncak Petak Sembilan Dieng

Puncak bukit petak sembilan dieng
Petak Sembilan Ini termasuk salah satu puncak yang pendek, mungkin 10 menit berjalan kaki secara normal, wisatawan sudah bisa sampai di puncak bukit petak sembilan. Keistimewaan puncak ini adalah wisatawan dapat melihat indahnya telaga warna, telaga pengipon dan beberapa gunung dari atas.

Lokasi puncak petak 9 ini berada berdekatan dengan komplek telaga Warna. Setelah melewati pos tiket Dieng sebelum sampai telaga Warna silahkan mampir dulu di kiri jalan. Mendaki ke bukit petak sembilan ini tidaklah extrime, jadi bisa dilakukan oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga yang tua.

Info tambahan lihat foto puncak petak 9 Dieng

5. Puncak Bukit Ratapan Angin

puncak bukit ratapan angin dieng
Puncak ratapan angin ini hampir sama dengan puncak petak 9 yaitu sama-sama melihat telaga Warna dan telaga Pengilon dari atas bukit. Namun yang membedakan adalah letak posisinya yang berhadap-hadapan. Jika puncak petak 9 berada di sebelah kiri maka puncak bukit ratapan angin berada di sebalah kanan. Kedua sisi puncak ini memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa indahnya.

mendaki ke puncak ratapan angin juga sangat mudah dan cepat, mungkin sekitar 10 menit saja wisatawan sudah bisa berada di puncak tertinggi bukit ratapan angin dan menikmati keajaiban Tuhan YME di Dieng. Untuk menuju ke bukit ratapan angin. wisatawan harus melalui jalur DPT (Dieng Plateau Theater).


6. Puncak Lembah Seroja Dieng

puncak bukit seroja garung dieng
Satu lagi tempat wisata yang akhir-akhir ini disebut terus menerus di dunianya mbah google. Lembah Seroja adalah suatu nama bukit yang terletak di bawah desa Dieng, tepatnya berada di desa Garung. Pemandangan dari atas puncak Seroja ini adalah telaga menjer. Suatu telaga besar yang dijadikan tempat wisata oleh warga setempat.

Diatas puncak Seroja, wisatawan bisa menikmati keindahalan telaga Menjer dan bebrepa gunung di sekitarnya. Mendaki di bukit seroja tidaklah terlalu sulit, wisatawan bisa berjalan kaki ataupun juga menggunakan kendaraan motor roda 2 bagi yang berani.

Demikian sedikit informasi mengenai beberapa puncak yang ada di dataran inggi dieng yang sayang jika tidak wisatawan kunjungi. Semoga ini bisa memaksimalkan rencana liburan anda di Dieng.

0 Response to "6 Puncak Terpopuler Di Dataran Tinggi Dieng"

Populer Di Dieng