Paket Wisata Dieng
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / @jawa_wisata
Lebih Cepat Lebih Mudah
Klik



MENGAPA DIENG SELALU RAMAI TERUTAMA SAAT WEEKEND


wisata-dieng
Gambar 1.1 wisata dieng

Dieng menjadi tempat tujuan wisatawan lokal dan mancanegara karena keindahan alamnya tak ada habisnya. Murah menjadi alasan utama Dieng selalu ramai pengunjung. Tak hanya berwisata asik, pengunjung juga bisa belajar sejarah. Kamu bisa mengunjunginya bersama teman-teman ataupun keluarga.

Berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Dataran tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif dimana yang memiliki puncak dan kepunden kawah sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, beberapa tempat Wisata Dieng juga sarat akan kisah sejarah dan budaya yang tentu menambah daya tarik bagi siapapun yang mengunjunginya. Berbagai kisah menarik yang ada justru semakin meningkatkan potensi wisata Dieng dengan ciri khasnya tersendiri. Berikut beberapa alasan mengapa wisata Dieng selalu ramai pengunjung saat hari biasa maupun weekend.

1. Dari Puncak Prau, ada 5 gunung yang jadi panorama

wisata-dieng
Gambar 1.2 gunung prau

Jika Kamu mendaki Gunung Prau Wisata Dieng yang mempunyai ketinggian 2590 mdpl, maka kamu akan mendapati panorama sangat menakjubkan dari lima gunung yang nampak berjajar. Saat cuaca cerah dan kabut perlahan menghilang, pemandangan kelima gunung ini begitu eksotis, jarang dijumpai dari gunung lain.

Lima gunung yang dapat kamu lihat sekaligus adalah Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Lawu.

2. Wisata telaga menarik


wisata-dieng
Gambar 1.3 telaga warna

Salah satu wisata dieng paling terkenal adalah Telaga Warna. Sebagai salah satu Landmark dari wisata Dieng, Telaga warna memang mempnyai keunikan tersendiri yang berbeda dibandingkan wisata telaga lainnya.

Nama Telaga Warna diambil karena telaga ini memiliki warna berbeda-beda. Menurut legenda warga sekitar, warna permukaan telaga tersebut karena zaman dahulu kala ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga wisata Dieng tersebut. Secara ilmiah, warna berbeda dari telaga wisata Dieng tersebut karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.

3. Ada beragam situs peninggalan sejarah


wisata-dieng
Gambar 1.4 komplek candi arjuna

Tak hanya telaga, wisata sejarah pun bisa kamu dapatkan di wisata Dieng. Terdapat beberapa candi hindu tersebar pada beberapa titik di wisata Dieng. Candi-candi tersebut antara lain Candi Bima, Arjuna, Gatot Kaca, Srikandi, dan lain-lain. Nama-nama tersebut berasal dari penokohan kisah Mahabarata.

Model bangunan candi wisata Dieng mengikuti bentuk candi India dengan ciri khas arca dan relief yang menghiasi bangunan candi wisata Dieng.

5. Mantapnya kombinasi mie ongklok dan sate ayam

wisata-dieng
Gambar 1.5 mie ongkol dan sate ayam


Wisata Dieng rasanya tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas setempat. Di Dieng, yang paling khas adalah mie ongklok dan sate ayam, biasanya disantap berdampingan. Kuah mie ongklok berwarna kecoklatan dengan tekstur sangat kental.

Mie ongklok dan sate ayam selagi masih panas, sangat cocok dinikmati di tengah cuaca wisata Dieng super dingin.

6. Suhu udara dibawah 0 derajat di negara tropis

wisata-dieng
Gambar 1.6 tanaman membeku

Dataran Tinggi Dieng dikelilingi oleh bukit dan gunung, yang membuat lembah wisata Dieng yang sudah berada di dataran tinggi tersebut, masih lebih rendah dibandingkan bukit dan gunung sekelilingnya. Kontur berbentuk cekungan tersebut membuat suhu udara wisata Dieng saat malam hari justru lebih rendah dibanding puncak sekelilingnya, karena angin malam mengarah ke bawah.

Saat musim kemarau, suhu wisata Dieng bisa mencapai minus 0 derajat celcius. Saat puncak musim kemarau tiba, setiap pagi kamu bisa menemukan kristal es  menempel di rumput, pohon bahkan tenda campingmu.

7. Warga lokal yang begitu guyub dengan wisatawan


Kawasan Dataran Tinggi Dieng masuk dalam kawasan administratif Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Kendal, Batang dan juga Temanggung. Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara paling banyak memiliki lokasi-lokasi wisata Dieng.

Kedua Kabupaten ini telah lama konsisten mengadakan event-event wisata untuk kemajuan pariwisata Dieng. Kehadiran kelompok sadar wisata (pokdarwis) Dieng, juga menambah eksitensi wisata Dieng sebagai salah satu lokasi wisata teramai sepanjang tahun.

0 Response to "MENGAPA DIENG SELALU RAMAI TERUTAMA SAAT WEEKEND"

Populer Di Dieng