LANGSUNG CHAT WA

DATARAN TINGGI DIENG ITU PROVINSI....?


wisata-dieng
Gambar 1.1 dieng plateau


Dieng termasuk dalam dataran tinggi atau pegunungan yang terletak di Jawa tepatnya di Jawa tengah. Lebih pasnya lagi ada di Kabupaten Wonoboso. sebenarnya Wisata Dieng masuk dalam 4 kabupaten yaitu Wonosobo, Banjarnegara, Batang, Pekalongan. Namun dari segi geografis dan fasilitas pemerintah, sangat dianjurkan jika menuju ke dieng menggunakan jalur kota Wonosobo.

Dataran Tinggi Dieng awalnya merupakan Gunung Berapi yang meletus dengan dahsyat, sekarang puncak gunung terlempar, tinggallah sekarang suatu dataran berada di puncak gunung atau yang lebih dikenal dengan sebutan ” DIENG PLATEU“.

Ditengah-tengah Dataran Tinggi Wisata Dieng pada Zaman dahulu terdapat sebuah tempat pemujaan dan asrama pendidikan bagi agama Hindu tertua di Indonesia. Sebagai bangunan suci tersebut sampai sekarang dapat kita saksikan dengan adanya candi beserta puing-puing bekas Vihara.

Bagi masyarakat Sekitar Dataran Tinggi wisata Dieng, sebutan Dieng sering diterjemahkan sebagai Kahyangan atau tempat bersemanyamnya para Dewa. Memang obyek wisata pegunungan ini menjajikan pemandangan alam yang memukau. Hamparan hutan jati, kawah-kawah yang masih aktif, serta udara sejuk membuat kawasan obyek wisata Dieng terkesan damai dan tenang.

Suasana Sejuk wisata Dieng terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Wilayah terbesar Dataran Tinggi Dieng milik Kabupaten Banjarnegara. Merupakan dataran paling tinggi di Jawa yang terletak pada ketinggian 2.093 m di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 150 C. Daya tarik wisata Dieng lain yang dapat dikunjungi misalnya kelompok Candi Hindu Pandawa, Telaga Warna dan Pengilon, Kawah Sikidang, Goa Semar, Mata Air Sungai Serayu, Proses Budidaya Jamur Merang, dll.

Pada waktu musim kemarau, suhu dapat turun drastis di bawah titik nol derajat Celcius. Rendahnya suhu tersebut membekukan embun. Menurut petani Dieng, kristal-kristal embun yang sering disebut embun upas sangat tidak bersahabat. Tanaman kentang dan kubis mereka terancam jika embun ganas tersebut datang.

Posting Komentar untuk "DATARAN TINGGI DIENG ITU PROVINSI....?"