Paket Wisata Kurnia Dieng Murah 2017
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / Pin BBM: D4390AEE

MAKAN KHAS WONOSOBO

MIE ONGKLOK

Mencicipi makanan khas suatu daerah merupakan agenda wajib bagi mereka yang melakukan travelling ke luar kota. Di kota Wonosobo ada satu makanan yang wajib dicoba saat anda berkunjung ke kota ini yaitu Mie Ongklok. Makanan olahan mie pada umumnya hampir sama. Semua terasa enak jika disajikan dalam keadaan panas sebelum disantap. Demikian juga dengan Mie Ongklok. Mie Ongklok diolah juga dengan cara direbus. Mie ini dibuat dengan racikan khusus yakni menggunakan kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji yang disebut dengan Loh. Loh inilah yang menjadi khas dari Mie Ongklok ini. Bumbu yang digunakan juga sangat sederhana. Hanya dengan bumbu dasar dan tanpa penyedap rasa. Hmm…Sungguh menggiurkan. Selain itu, secara sekilas penampilan Mie Ongklok mirip dengan mie godog Jawa namun kuahnya sedikit lebih kental.


Di dalam pengolahan mie yang sederhana ini tidak ada penambahan bahan-bahan makanan lain seperti daging ayam/sapi, udang, telur bahkan jamur. Sehingga cocok bagi Anda yang memiliki pantangan mengkonsumsi daging atau vegetarian. Namun bagi Anda yang tidak memiliki pantangan dalam makanan, Anda tidak perlu khawatir karena ada makanan  pendamping lainnya seperti sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu. Sangat pas dikonsumsi di tengah udara Wonosobo yang dingin.
Namun, ada hal yang perlu untuk diketahui bahwa pemberian nama Mie Ongklok bukan semata-mata karena nama pembuat pertama kali atau nama jalan atau nama daerah/wilayah. Sebenarnya, Ongklok adalah semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang sering dipakai untuk membantu proses perebusan mie tersebut di Wonosobo. Alhasil, mie tersebut dikenal dengan nama Mie Ongklok.

By: Murdo Galih

0 Response to "MAKAN KHAS WONOSOBO"

Populer Di Dieng