Paket Wisata Dieng
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / @jawa_wisata
Lebih Cepat Lebih Mudah
Klik



MAU BAWA MOTOR KE DIENG? SIMAK DULU CATATAN PENTINGNYA


wisata-dieng
Gambar 1.1 bawa motor ke dieng

Terhampar pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, Dieng adalah dataran tertinggi kedua di dunia yang dihuni manusia setelah Kathmandu di Nepal. Mudah diakses dari berbagai kota besar di Pulau Jawa, seperti Semarang dan Yogyakarta, bahkan Jakarta, kawasan wisata Dieng kini menjadi salah satu destinasi akhir pekan cukup populer.

Wajib dikunjungi

Waktu terbaik untuk mengunjungi Wisata Dieng adalah musim kemarau, yaitu dari bulan Juli hingga September. Meski saat musim kemarau suhunya lebih dingin, siang berkisar antara 12 hingga 20 derajat celsius, dan malam antara 6 hingga 10 derajat celsius, namun ini justru memberikan pemandangan spektakuler.

Jika datang saat musim hujan, pemandangan wisata Dieng biasanya akan terutup awan mendung dan kemungkinan melihat matahari terbit dan terbenam menjadi kurang.

Selama di wisata Dieng, ada beberapa destinasi  wajib dikunjungi wisatawan wisata Dieng, seperti Kompleks Candi Arjuna yang disebut-sebut sebagai candi tertua di Jawa yang dibangun pada abad delapan oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Ada juga Kawah Sileri sebagai kawah paling aktif di wisata Dieng serta pernah meletus beberapa kali.

Ada pula Bukit Sikunir, Bukit ini menawarkan keindahan matahari terbit terutama setiap Juli hingga Agustus saat langit sedang cerah-cerahnya dengan pemandangan Gunung Sikunir, Sindoro, Merapi, Merbabu, Telomoto, dan Ungaran.

Terakhir, jangan lupa mengunjungi Telaga Warna yang mendunia karena warnanya kerap berubah sesuai dengan musim. Beikut ini ada catatan penting saat bawa motor ke dieng simak baik-baik ya.

wisata-dieng
Gambar 1.2 tips ke dieng


Selain helm sebagai alat keselamatan utama saat berkendara dengan motor, berikut perlengkapan lain yang harus disiapkan dan digunakan jika ingin touring ke Wisata Dieng.


  1. Berkemaslah seringan mungkin, tapi pastikan alat navigasi, kacamata hitam, perkakas standar untuk keadaan darurat, jas hujan, perlengkapan P3K, dan makanan berenergi, ada dalam tas anda.
  2. Udara dingin dapat menyebabkan kulit dan bibir kering serta mengelupas. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit, serta pelembab untuk wajah serta lip balm untuk bibir.
  3. Karena mesin ATM masih terbatas (ATM terdekat dan terlengkap adalah di Wonosobo) dan semua transaksi harus dilakukan secara tunai, maka perhitungkan estimasi kebutuhan dan pengeluaran dengan baik. Bawa uang cukup untuk memenuhi keperluan selama wisata Dieng.
  4. Karena banyak jalanan menanjak, touring ke wisata Dieng sebaiknya menggunakan motor jenis adventure dengan tenaga yang besar untuk memberikan kenyamanan berkendara yang maksimal.
  5. Untuk memberikan keamanan berkendara yang maksimal, wisatawan wisata Dieng wajib pakai jaket anti angin dan anti air yang telah dilengkapi pelindung tubuh.
  6. Gunakan sarung tangan, karena selain dapat menyerap keringat telapak tangan, sarung tangan juga melindungi wisatawan agar tidak kepanasan di siang hari dan tak kedinginan saat malam hari.
  7. Gunakan sepatu khusus berkendara motor dengan pelindung pada bagian persendian, mata kaki, sisi luar sepatu, serta ujung sepatu yang gunanya untuk melindungi kaki saat menaik-turunkan tuas persneling.


Untuk pecinta touring, menuju wisata Dieng dengan motor adalah hal menantang sekaligus menyenangkan. Keadaan jalannya pun beragam, antara yang beraspal mulus dan bergelombang.

0 Response to "MAU BAWA MOTOR KE DIENG? SIMAK DULU CATATAN PENTINGNYA"

Populer Di Dieng