LANGSUNG CHAT WA

Informasi mengenai Sumur Jalatunda Raksasa

Dataran tinggi Dieng memang terkenal dengan kekayaan wisata alamnya. Mulai dari kawah, peninggalan candi, telaga, museum, dll. Kali ini Kurnia Dieng Tour ingin memberikan sedikit informasi mengenai objek wisata yang fenomenal yaitu Sumur raksasa Jalatunda.

sumur raksasa jalatunda Dieng

Apabila dilihat secara kasat mata, maka bentuknya tidak seperti sumur pada umumnya. Bentuknya lebih seperti kolam besar yang alami dan dipenihi dengan air seperti di hutan rawa. Namun itu semua tidak menjadi masalah yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menjaga dan merawatk kelestarian alam pemberian Tuhan Yang Maha Esa.

Sejarah Dan Mitos Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda tepatnya berada di daerah dieng kulon / masuk di kabupaten banjarnegara. Sumur ini sendiri terbentuk akibat letusan gunung purba Dieng di jamannya. Dari beberapa sumber terkait sumur jalatunda ini didasari oleh cerita pewayangan bumi sapta pratala yang meiliki arti "bumi lapis tujuh" Dimana diyakini bahwa ada yang bersemayan didalamnya seperti Antaboga, Antareja, Nagagini.

Sampai saat modern ini sebagian kepercayaan masih ada, bahwasannya jika seseorang dapat melempar batu sampai di dinding ujung sumur jalatunda tersebut maka permintaan / citacitanya dapat terkabulkan.

Peta Lokasi Sumur Jalatunda

Jarak dari wisata utama Dieng sekitar 8 KM saja ke arah barat, Anda bisa menikmati pemandangan sumur Jalatunda yang luar biasa besarnya sehingga terkenal sebagai sumur raksasa di Dieng.

letak lokasi sumur jalatunda dieng

Dari arah Wonosobo menuju ke Dieng, Setelah sampai di pertigaan Dieng silahkan anda belik ke Kanan / menuju ke arah banjarnegara / Dieng kulon. Lurus terus hingga kurang lebih 8 km anda silahkan bertanya kepada warga setempat dimana letak sumur tersebut atau anda bisa membaca petunjuk jalan yang ada.
Wisata Gunung: Gunung Prau Dieng

Posting Komentar untuk "Informasi mengenai Sumur Jalatunda Raksasa"