Paket Wisata Kurnia Dieng Murah 2017
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / Pin BBM: D4390AEE

Sejarah Dalam Museum Kailasa Dieng

Dieng merupakan salah satu tempat wisata populer di Jawa bahkan di Indonesia. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke dataran tinggi Dieng untuk menyaksikan kekayaan alam dan sejarah disana. Kali ini Kurnia Dieng Tour ingin memberikan sedikit informasi mengenai sejarah lahirnya Dieng dilihat dari segi peninggalan yang masih ada jaman sejarah hingga kini di museum kailasa Dieng.

Museum kailasa sendiri berada tepat di depan komplek candi Arjuna. Wisatawan bisa masuk dan menambah ilmu pengetahuan sejarah hanya dengan uang tiket masuk yang tidak begitu mahal. Selain peninggalan sejarah, di museum dieng ini juga terdapat bioskop film dokumenter tentang sejarah terbentuknya Dieng Plateau.

museum kailasa dieng

Untuk menuju ke museum ini anda bisa melewati beberapa rute dari pertigaan Dieng (Yang ada tulisan Dieng di pinggir jalan). Dari pertigaan tersebut bisa ambil arah kanan melewati telaga warna, kawah sikidang baru masuk komplek candi. atau juga dari pertigaan Dieng itu ambil arah kiri sekitar 800 meter belok kiri sebelum pom bensin kanan jalan. Jika wisatawan ambil jalur kiri maka destinasi pertama yaitu komplek candi Dieng. Lokasi museum kailasa berada tepat persis di diepan komplek candi arjuna tersebut.

jalan setapak museum

Museum ini memiliki desain gedung yang indah dan asri, melewati jalan setapak dengan hiasan pohon yang rapi dan rumput yang bersih. Di Museum kailasa sendiri terdapat juga taman santai yang cocok untuk keluarga / bersama pasangan. Bisa digunakan untuk ngobrol atau makan sambil menikmati pemandangan dari atas. Untuk menuju taman tersebut wisatawan harus berjalan kaki menaiki tangga yang lumayan tinggi.

gedung film museum kailasa dieng

taman di kailasa museum

Setelah sampai diatas, ada sebuah panggung kecil yang bisa digunakan untuk acara disore / malam harinya sperti bakar jagung dan bernyanyi ria

panggung-kecil-museum

pemandangan dari atas museum

Sambil acara santai dan ramah tamah, sambil menikmati pemandangan dari atas panggung tersebut. Disini jangan kuatir bagi anda yang kebelet. Karena ada failitas umum seperti WC dan mushola untuk wisatawan.

fasilitas umum di museum

Setelah mengetahui profil luar museum ini, mari sekarang kita liat apa saja yang ada di dalam museum ini. Peninggalan sejarah apa saja yang bisa membuat dieng menjadi tempat wisata paling populer saat ini.

Candi adalah bukti sejarah nyata desa Dieng, di Museum ada banyak sekali jenis peninggalan sejarah yang diabadikan disini berupa bentuk arca dan model isi dari candi tersebut. Seperti pintu masuk candi dan beberapa patung yang digunakan dalam membentuk suatu candi. Mari kita lihat bersama patung apa saja yang ada dalam museum ini:

patung dalam museum kailasa dieng

Beberapa jenis patung atau arca yang disimpan dalam museum antara lain:
  1. Siva Trisibah
  2. Arca Dewa
  3. Kinara-kinari
  4. Wisnu dan sakti
  5. Jaladwara
  6. Antefik
  7. Nandisavahanamurti
  8. Kala
  9. Arca Dewi
  10. Batu Penutup
  11. Nandi
  12. Arca Singa
  13. Bagian pintu candi
  14. Arca Penjaga Pintu
  15. Lingga
  16. Yoni
  17. Fragmen kemuncak
  18. Bagian menara candi
  19. Ratna
  20. Ganesa
  21. Agastya
  22. Siva
  23. Durgamahisasuramardini
Dalam tokoh pewayangan sendiri, nama-nama tersebut diatas banyak yang tidak asing. Ada juga disebutkan bagian atas menara candi yang berbentuk segitiga. Jadi di dalam museum keilasa candi ini berisikan bagian dan patung apa saja yang digunakan untuk membangun candi yang berada di Dieng.
Tempat Wisata Lainnya: Sumur Raksasa Jalatunda Dieng Kulon

0 Response to "Sejarah Dalam Museum Kailasa Dieng"

Populer Di Dieng