LANGSUNG CHAT WA

MASIH PENASARAN DENGAN SPOT SELFIE WISATA DIENG? YUK LIAT DAFTARNYA

Pelancong Indonesia mana, sih, yang enggak tahu Dataran Tinggi Dieng? Tempat ini beberapa tahun belakangan jadi tempat yang instagramable dengan kecantikan alam yang luar biasa. Bisa dibilang, jadi salah satu destinasi liburan idaman di Indonesia. Dieng yang berada di antara Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara ini mampu mengadirkan pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Pasalnya, lokasinya berada persis di sebalah barat Gunung Sindoro dan Sumbing. Kalau lo pernah ke sana, pasti pengen balik lagi.

Kabarnya, Dieng sering disebut sebagai tempat dewa. Namanya merupakan penggabungan dari kata di dan hyang, bermakna sebagai tempatnya para dewa. Jadi, kebayang, dong, bagaimana indahnya alam Dieng?

Nah, buat yang belum pernah ke Dieng dan berencana ke sana, berikut beberapa spot selfie Wisata Dieng.

1. Telaga Warna

wisata-dieng
Gambar 1.1 telaga warna

Dari namanya aja udah ketahuan kalau air telaga ini memiliki warga yang berbeda-beda. Menurut cerita yang berkembang, warna di permukaan telaga tersebut muncul karena pernah ada cincin sakti milik bangsawan yang jatuh ke telaga tersebut. Namun, kalau secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga tersebut terjadi karena pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.

Telaga Warna jadi salah satu destinasi wisata andalan Dieng. Menariknya, air dalam danau ini bisa berubah-ubah karena sinar matahari dengan dominasi warna hijau, biru laut, dan putih kekuningan. Kalau ingin melihat keseluruhan telaga ini, lo bisa mendaki ke puncak bukit yang mengelilingi telaga tersebut. Daerah tepian telaga, ada balkon bisa digunain buat duduk-duduk santai nikmatin keindahan telaga warna wisata Dieng.

2. Kawah Sikidang

wisata-dieng
Gambar 1.2 kawah sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah Wisata Dieng jadi tujuan favorit para pelancong. Sebenarnya, Sikidang bukan satu-satunya kawah wisata Dieng. Ada juga kawah Kawah Sileri dan Kawah Candradimuka. Kawah ini terbentuk dari letusan gunung api pada zaman dulu. Namun, baru-baru ini, salah satu kawah tersebut ditutup karena ada letusan material dari kawah tersebut yang berbahaya.

Diberi nama Sikidang karena kolam magma kawah ini sering berpindah-pindah seperti kidang (bahasa Jawa hewan kijang). Kawah Sikidang jadi favorit karena kawah ini cukup aman buat dikunjungi wisatawan wisata Dieng.

3. Batu Ratapan Angin

wisata-dieng
Gambar 1.3 batu ratapan angin

Selanjutnya, Batu Ratapan Angin merupakan tempat wisata dengan sebuah tebing terletak berdekatan dengan Telaga Warna kawasan wisata Dieng Plateau. Tempat ini juga jadi salah satu favorit wisata Dieng. Selain pemandangannya yang indah, kita juga bisa melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Bisa kebayang, dong, bagaimana memukaunya panorama dua buah telaga dari ketinggian?

4. Bukit Teletubbies

wisata-dieng
Gambar 1.4 bukit teletubbies

Gunung Prau dikenal sebagai puncak paling tinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Dari sini, wisatawan wisata Dieng bisa melihat bukit-bukit lain yang lebih rendah dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gunung Prau memiliki puncak sangat indah berupa padang rumput berbentuk memanjang.

Nah, menariknya, Gunung Prau terdapat kumpulan bukit hijau sering disebut sebagai Bukit Teletubbies. Disebut demikian karena memang persis kayak latar di serial TV Teletubbies yang pernah tayang di Indonesia akhir 1990-an.

5. Kompleks Candi Arjuna

wisata-dieng
Gambar 1.5 kompleks candi arjuna

Selain pemandangan alamnya memukau, wisata Dieng juga nawarin wisata sejarah dan budaya lewat bangunan-bangunan candi yang tersebar pada beberapa titik. Nah, salah satu tempat  cukup terkenal untuk melihat bangunan candi wisata Dieng adalah Kompleks Percandian Arjuna. Kompleks percandian ini terdiri atas beberapa candi. Candi paling terkenal adalah Candi Arjuna yang masih berdiri kokoh.

Dulunya, tempat ini merupakan kompleks percandian Hindu. Letaknya yang berada di lembah dan dikelilingin banyak bukit bikin suasana dan pemandangan di sana sangat indah. Enggak panas kayak di Candi Prambanan atau Borobudur. Apalagi, antara Juni hingga Agustus setiap tahun, tempat ini digunain buat pelaksanaan Dieng Culture Festival, tradisi yang spektakuler yang berfilosofis.

6. Bukit Sikunir

wisata-dieng
Gambar 1.6 bukit sikunir

Terakhir, tempat paling terkenal wisata Dieng dan jadi idaman para traveler adalah puncak Bukit Sikunir. Yap, tempat ini merupakan tempat terbaik menyaksikan pemandangan matahari terbit. Saking indahnya, banyak yang menyebut sunrise Bukit Sikunir ini sebagai Golden Sunrise. Bahkan, digadang-gadang sebagai sunrise terbaik Indonesia.

Wisatawan wisata Dieng akan dimanjakan dengan pemandangan spektakuler berupa cahaya jingga matahari pagi yang memancar melalui puncak-puncak bukit dan gunung, ditambah gumpalan awan yang terlihat kayak deburan ombak di kejauhan. Saking bagusnya, demi mendapatkan pemandangan Golden Sunrise, para pengunjung rela ngelawan hawa dingin dengan suhu 6—10 derajat Celcius.

Dari enam tempat tersebut, semua jadi favorit para. Kalau berkunjung ke wisata Dieng, Wisatawan wajib datang ke destinasi-destinasi ini. Jangan lupa, siapkan diri dengan maksimal biar enggak kedinginan. 

Posting Komentar untuk "MASIH PENASARAN DENGAN SPOT SELFIE WISATA DIENG? YUK LIAT DAFTARNYA"