Paket Wisata Dieng
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / @jawa_wisata
Lebih Cepat Lebih Mudah
Klik



DIENG WISATA HEBAT TAPI HEMAT?

Berlibur ke wisata Dieng merupakan salah satu impian dari para traveler terutama mereka yang senang bertadabur alam. Salah satu nukilan surga di tanah Indonesia itu tak pernah sepi pengunjung domestik maupun mancanegara. Orang-orang berbondong-bondong memakai jaket tebal dan mendaki diketinggian Dieng untuk menikmati kekayaan alamnya dan bahkan menikmati pemandangan Matahari terbit.


wisata-dieng
Gambar 1.1 bukit sikunir


Selain keindahan alamnya, Dieng terkenal sebagai salah satu destinasi alam murah meriah. Namun, semurah-murahnya tempat wisata, kamu tetap harus waspada dan jangan terkecoh. Alih-alih berwisata hemat dan mengesankan,  karena persiapan kurang matang, dompet kamu malah terkuras. Buat kamu yang berencana berekreasi ke salah satu primadona dataran tinggi Jawa satu ini, berikut beberapa tips wisata murah Wisata Dieng :

Baju hangat

wisata-dieng
Gambar 1.2 baju hangat

Bisakah anda bayangkan betapa dinginnya wisata Dieng saat musim hujan jika saat musim kemarau saja suhunya hanya mencapai 11 derajat celcius? Maka perlengkapan baju hangat seperti jaket, sarung tangan, kaus kaki, topi rajut dan bahkan penutup telinga mutlak anda siapkan. Lebih baik, bawalah jaket dan baju lebih untuk sekedar antisipasi anda tidak butuh merangkap pakaian anda.

Jangan lupa membawa pelembab seperti krim tubuh, krim wajah, pelembab bibir. Karena udara dingin wisata Dieng dapat membuat kulitmu menjadi kering bahkan mengelupas. Dan meskipun hawa di Dieng sangat dingin, anda tetap disarankan membawa tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar di siang hari. Jangan biarkan asiknya liburan sampai merusak kulit ya.

Transportasi

wisata-dieng
Gambar 1.3 bus menuju wonosobo

Untuk menuju Dieng, anda hanya bisa memilih jalur darat dan tidak ada alternatif lainnya. Anda bisa menempuh perjalanan dengan kereta api atau bis. Jika anda berasal dari luar Jawa, anda bisa memilih penerbangan yang mendarat ke Jakarta, Yogyakarta maupun Solo. Kemudian naik bis ke terminal Wonosobo bernama terminal Mendolo. Harga bis pun bervariasi, mulai dari bis ekonomi, VIP, dan executive. untuk transportasi yang lebih cepat, anda bisa memilih naik kereta api namun dengan harga lebih mahal. Anda bisa naik kereta dari stasiun Pasar Senen ke Stasiun Purwokerto, lanjutkan perjalanan ke Wonosobo menggunakan bis selama 2 jam.

Meskipun jarak perjalanan menuju Wonosobo terbilang jauh, namun pemandangan alam di kanan kiri tidak akan membosankan. Hijaunya alam sekitar dijamin menyegarkan mata anda.

Penginapan murah meriah

wisata-dieng
Gambar 1.3 penginapan

Bagi yang terbiasa memesan hotel lewat situs online untuk menginap, mungkin tidak akan mendapat banyak pilihan. Karena penginapan wisata Dieng sebagian besar berbentuk homestay  yang sebagian besar belum terdaftar di beberapa situs pemesanan hotel online.

Untuk mencari homestay, wisatawan Wisata Dieng bisa melakukannya saat tiba di wisata Dieng. Jika pergi wisata Dieng membawa rombongan cukup banyak, sebaiknya menyewa rumah saja, kabar baiknya, saat mencari tempat menginap saat tiba disana, kita juga bisa menawar harganya. Buat research tentang harga penginapan wisata Dieng sebagai referensi harga untuk menawar. Umumnya masyarakat mematok harga 100.000-250.000 per malam untuk sewa homestay. Sedangkan untuk rumah, mereka biasanya mematok harga 600.000-800.000 per malam

Kuliner Masyarakat Lokal Dieng

wisata-dieng
Gambar 1.4 mie ongklok

Seperti tempat wisata lain pada umumnya, wisata Dieng juga memiliki makanan khas yang membuat penasaran para wisatawan wisata Dieng. Mie Ongklok adalah makanan khas Wonosobo. Makanan ini disajikan dengan sate tahu dan Purwaceng, makanan khas wisata Dieng.

Warung makan

Agar budget makan tidak menguras kantong, carilah tempat makan kaki lima atau warteg yang biasa menjadi tempat mangkal para wisatawan. Jika perlu, sebelum berangkat, carilah referensi tentang harga makanan disana.

Karena warung-warung seperti itu umumnya tidak menyediakan daftar menu, tanyakan dulu harga makanan yang akan anda pesan karena bisa jadi penjual tidak segan-segan menaikkan harga menu 2-3 kali lipat saat mereka tahu anda wisatawan dari luar Wonosobo. Sebagai tambahan referensi, umumnya satu porsi makanan wisata Dieng berkisar antara 10.000-15.000.

Untuk lebih hemat lagi, wisatawan wisata Dieng bisa membawa bekal makanan dari rumah seperti cup noodle, beberapa botol air mineral dan sebagainya. Jangan lupa membawa perlengkapan obat-obatan pribadi karena akan sulit mencari minimarket di paket wisata Dieng.

Info Rental Sepeda Motor dan Mobil

Menyewa sepeda motor atau mobil sangat direkomendasikan saat berkunjung ke wisata Dieng karena sulitnya mencari transportasi yang membawa kita dari tempat wisata satu ke tempat wisata lainnya.

Uang Tunai Secukupnya


membawa uang tunai wajib hukumnya saat berkunjung ke wisata Dieng, karena kita akan kesulitan mencari mesin ATM. Bawalah uang secukupnya untuk mengontrol pengeluaran.

Oleh-oleh khas Dieng

wisata-dieng
Gambar 1.5 carica

Berlibur rasanya tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh untuk keluarga maupun teman-teman saat pulang. Maka tak ada salahnya berburu oleh-oleh khas Dieng yang tidak ditemukan di tempat lain.

Salah satu oleh-oleh khas wisata Dieng adalah kentang khas Dieng memiliki aroma khas dan kulit bersih. Dieng terkenal sebagai penghasil kentang terbesar di Indonesia. Selain itu olahan makanan dari buah Carica berupa manisan, keripik, juga patut dicoba, buah Carica adalah buah sejenis pepaya namun berukuran lebih kecil.

Info harga tiket objek wisata Dieng

wisata-dieng
Gambar 1.6 kompleks candi arjuna

Tempat-tempat wisata Dieng, beberapa diantaranya memasang tarif tiket masuk, dan sebagian lainnya gratis. Berikut beberapa tempat wisata Dieng yang kami sarankan:

a. Panjat Gardu Pandang Tieng

Ingin melihat dan merasakan awan? Datang saja ke tempat ini. Harga tiket? Gratis.

b. Candi Arjuna

Candi adalah salah satu napak tilas penyebaran agama Hindu dan Buddha di banyak daerah Indonesia, tak terkecuali Dieng. Salah satunya adalah Candi Arjuna. Untuk memasuki candi ini anda hanya perlu menyiapkan 5.000 saja.

c. Desa Sembungan, Desa tertinggi di pulau Jawa.

Desa dengan ketinggian 2.306 mdpl ini dijuluki sebagai desa tertinggi di pulau Jawa. Karena berada di tempat tinggi, apalagi wisata Dieng, jangan lupa bawa jaket tebal ya. Bahkan saking dinginnya, penduduk lokal desa ini memakai penutup wajah dan badan untuk menghalau hawa dingin.

Setelah semuanya siap, kamu bisa membuat itinerary versi kamu sendiri disesuaikan dengan jumlah budget yang kamu sediakan. Setelah membaca tips wisata ke Dieng diatas, anda bisa menyiapkan budget sekitar 500.000-1.500.000 tergantung dari kebutuhan dan situasi saat anda bepergian.

0 Response to "DIENG WISATA HEBAT TAPI HEMAT?"

Populer Di Dieng