Paket Wisata Dieng
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / @jawa_wisata
Lebih Cepat Lebih Mudah
Klik



JENIS-JENIS OLEH-OLEH KHAS DIENG YANG POPULER

Wonosobo  adalah suatu kota tujuan para wisatawan  jawa tengah. Salah satu yang membuat kota ini terkenal di kalangan wisatawan yaitu wisata diengnya. Tempat wisata Dieng memang terkenal oleh wisatawan baik dari Indonesia bahkan sampai luar negeri. Dieng merupakan sebuah dataran tinggi Jawa Tengah paling cantik dengan peninggalan serta kebudayaan berbeda dari daerah lainnya.

Dieng merupakan tempat tujuan wisata favorit jawa tengah maupun indonesia. Mempunyai beragam tempat wisata tentunya dibarengi dengan oleh oleh khas kota wisata Dieng unik serta menarik tentunya.

Apalagi pada saat acara tahunan yaitu Dieng Culture Festival dimana semua orang ingin mengunjunginya, dalam acara tersebut terdapat beberapa ritual serta acara penting di kawasan Wisata Dieng salah satunya cukur rambut gembel atau masyarakat sering menyebutnya dengan acara ruwatan, saat acara tersebut Dieng dikunjungi oleh jutaan orang untuk menikmati acara tersebut, acara ruwat rambut gembel juga dimeriahkan dengan acara Jazz diatas awan, pertunjukan panggung menarik dan pesta pelepasan 1000 lampion.

Banyak sekali oleh-oleh khas wisata Dieng bisa anda coba saat berkunjung kesini. Berikut beberapa Oleh oleh khas wisata Dieng:

Mie Ongklok

wisata-dieng
Gambar 1.1 mie ongklok

Mie ongklok merupakan makanan khas Wisata Dieng yang menjadi ikon utama kota Wonosobo, mie ongklok dibuat dari mie, kubis, kol, daun kucai dicampur dengan kuah kacang kental berkanji biasa disebut dengan loh. Mie ongklok ini biasa disajikan dengan sate kambing dan juga tempe kemul khas wisata Dieng, pertama kali kita melihat mie ongklok akan bertanya-tanya bagaimana rasanya makanan khas dieng ini, dan ternyata setelah kita menikmatinya maka akan ketagihan.

Carica

wisata-dieng
Gambar 1.2 carica

Carica merupakan buah khas Dieng Wonosobo dan hanya tumbuh di Dieng, hal ini memang terdengar aneh namun hal itu benar adanya, beberapa orang mencoba menanam kembali carica di tempat lain namun yang keluar bukanlah carica namun pepaya biasa, carica merupakan buah dalam keluarga pepaya namun memiliki bentuk buah berbeda, jika kita lihat sekilas sangat mirip pohon pepaya, namun buahnya lebih kecil dan bergelombang, rasa buah mentahnya juga berbeda asam pada dagingnya, manis keasaman pada bijinya.

buah carica menjadi oleh oleh khas wisata Dieng paling utama, biasanya dalam bentuk manisan carica sudah dikemas ke berbagai kemasan mulai dari cup hingga botol, rasanya juga nikmat.

Purwaceng

wisata-dieng
Gambar 1.3 purwaceng

Purwaceng merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Wonosobo dan dulu kala merupakan sebuah tanaman obat kemudian diolah oleh masyarakat sekitar untuk obat berbagai penyakit, mulai dari meningkatkan metabolisme tubuh, saraf, otot, mengatasi masuk angin, melancarkan buang air kecil, mengatasi pegal linu dan masih banyak lagi.

Namun yang paling terkenal purwaceng ini dapat digunakan sebagai Viagra tradisional paling mujarab, di wisata Dieng purwaceng sering diolah menjadi teh maupun campuran kopi agar rasa lebih nikmat.

Sagon

wisata-dieng
Gambar 1.4 sagon

Sagon termasuk ke dalam makanan tradisional wisata Dieng, sagon terbuat dari tepung sagu dengan parutan kelapa ditambahkan gula kemudian dipanggang, jika anda datang ke wisata Dieng sempatkanlah datang ke pasar induk Wonosobo, anda akan menemukan oleh oleh khas yaitu sagon, biasanya para pedagang akan berjualan sagon ini satu komplek serta akan lebih nikmat jika disajikan hangat, dengan bentuk bulat dan tebal membuat ketagihan konsumen.

Tempe Kemul

wisata-dieng
Gambar 1.5 tempe kemul

Mungkin sekilas pertama melihatnya kita pernah makan makanan khas wisata Dieng di tempat lain misalnya purwokerto makanan ini disebut dengan mendoan, namun tempe kemul merupakan makanan khas wisata Dieng dengan ciri khas tersendiri, biasanya disajikan dalam bentuk renyah dan terdapat taburan kucai, rasanya nikmat apalagi jika ditambah dengan cabai mentah atau ulegan cabai membuat rasanya semakin nikmat.

Kopi Arabica Dieng

wisata-dieng
Gambar 1.6 kopi dieng

Wisata Dieng kini tengah giat mempromosikan specialty coffee Arabica yang ditanam di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Aroma kopi khas wisata dieng ini sangat harum. Bahkan tidak terasa terlalu pahit saat diminum tanpa gula.

Kacang Dieng

wisata-dieng
Gambar 1.7 kacang dieng

Makanan khas wisata Dieng selanjutnya adalah kacang dieng, masyarakat sekitar sering menyebutnya kacang babi, kacang ini memiliki bentuk berbeda dari kacang biasanya, kacang Dieng memiliki bentuk lebih besar dan biasa digoreng dengan taburan bumbu diatasnya, rasanya gurih cocok untuk oleh-oleh keluarga dirumah.

Teh Tambi

wisata-dieng
Gambar 1.8 perkebunan teh tambi

Jangan ngaku berkunjung ke wisata Dieng kalau belum mencoba ten tambi, ya teh tambi berasal dari perkebunan teh di Desa Tambi, Kabupaten Wonosobo. Perkebunan teh tambi sudah ada sejak lama loh, jadi kualitas dan rasanya tida perlu diragukan lagi.

Kamu juga bisa langsung memetik pucuk teh di perkebunan teh, selain itu ternyata teh tambi sudah expor juga, beberapa Negara Besar seperti, Amerika, Belanda dan Jepang. Jadi kamu jangan ngaku deh udah pernah ke Wonosobo kalau belum mencicipi segarnya teh tambi.

Dendeng Gepuk

wisata-dieng
Gambar 1.9 dendeng gepuk

Makanan khas wisata Dieng ini memang banyak ditemukan di daerah lain, namun ada keunikan tersendiri dari dendeng gepuk wisata Dieng, pasangan nikmat dari dendeng gepuk adalah nasi putih hangat dicampur sambal bajak. Dendeng gepuk terbuat dari daging sapi pilihan.

Nasi Megono

wisata-dieng
Gambar 1.10 nasi megono

Sebagian besar diantara kita pernah mendengar nasi ini di daerah Pekalongan, di wisata Dieng juga terdapat nasi megono yang banyak dibungkus untuk menu sarapan nikmat, biasa didampingi dengan tempe kemul hangat membuat kita ketagihan menikmati nasi megono.

Geblek

wisata-dieng
Gambar 1.11 geblek

Mungkin sebagian diantara kita akan terheran ketika mendapati makanan khas wisata Dieng biasanya dijual di tukang gorengan berwarna putih dan kelihatan enak, itulah geblek, terbuat dari tepung pati dicampur taburan daun kucai kemudian digoreng dengan rasa alot nikmat.

Itulah beberapa makanan khas wisata Dieng, bagi anda pecinta wisata kuliner jangan lupa untuk menikmati beberapa makanan khas wisata Dieng di atas.

0 Response to "JENIS-JENIS OLEH-OLEH KHAS DIENG YANG POPULER"

Populer Di Dieng