LANGSUNG CHAT WA

Seni dan Budaya Dari Desa Dieng

Banyak sekali daya tarik suatu daerah yang dapat menunjang kebutuhan wisata salah satunya adalah kesenan dan budaya daerah tersebut. Tidak terkecuali di dataran tinggi Dieng memiliki kesenian dan budaya yang unik dan sudah ada dari jaman nenek moyang.

Beberapa kesenian dan budaya yang ada di daerah Dieng diantaranya:
  • Jaran Kepang
Jaran kepang atau sering disebut emblek / lengger ini adalah salah satu kesenian tari di daerah Dieng. Tarian ini biasanya di lakukan oleh lebih dari 1 penari (pria dan wanita) dan menceritakan beberapa karakter. Keunikan dalam kesenian ini adalah saat si penari ketika penari pria kerasukan / mendem. Saat mendem penari tersebut akan unjuk gigi dengan berbagai atraksi yang menghibur setiap mata yang melihatnya.




  • Ritual Potong Rambut Gimbal
Dataran tinggi Dieng adalah salah satu daerah yang sangat unik dengan seni dan budaya yang beragam. Salah satu budaya di Dieng adalah ritual / proses pemotongan rambut gimbal alami. Memang tidak semua orang di Dieng memiliki rambut gimbal ini, hanya beberapa anak yang bisa memiliki / tumbuh rambut gimbal.Dipercayai bahwa untuk memotong rambut gimbal pada anak itu harus diadakan suatu acara / upacara / doa kusus agar pelaksanaan pemotongan rambut sang anak dapat berjalan dengan lancar. Salah satu keunikan dalam proses acara pemotongan ini adalah sang anak bisa meminta sesuatu sebagai syarat potong rambut gimbal ini. Dipercayai jika permintaan anak tidak diberikan maka sang anak bisa sakit dan rambut gimbal itu akan tumbuh kembali. Memang salah satu kekayaan kekayaan Indonesia yang sangat luar biasa.Sudah beberapa terakhir ini ritual potong rambut disatukan dengan aspek wisata oleh para pelaku wisata di Dieng. DCF / Dieng Plateau Theater adalah nama dari acara ruwatan potong rambut ini yang dibalut oleh seni, budaya, dan wisata. Ino lebih lanjut mengenai acara DCF tahun ini bisa dilihat di Info Detail DCF Dieng.


Demikian beberapa kesenian dan budaya yang ada di daerah wisata Dieng. bagi anda yang membutuhkan jasa wisata di Dieng bisa kunjungi Info paket wisata Dieng terbaru.

Posting Komentar untuk "Seni dan Budaya Dari Desa Dieng"