LANGSUNG CHAT WA

Ini Dia Agenda Study Tour Di Dieng

Study Tour di Dieng merupakan agenda yang sangat cocok untuk dicoba bagi para siswa-siswi mulai dari tingkat SMA maupun perguruan tinggi. Karena selain terkenal akan tempat wisata yang sangat luar biasa indahnya, di dataran tinggi Dieng sendiri memiliki beberapa tempat dan aktivitas yang sangat cocok untuk dilakukan agenda seperti study tour.

Kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan menurut sudut pandang kami sebagai salah satu biro wisata di Dieng tentang mengapa study tour itu sangat cocok jika dilakukan disini.

Tentang Dieng
Jadi Dieng sendiri merupakan sebuah desa dataran tinggi/ perbukitan / area pegunungan yang berada di Kab. Wonosobo dan Kab. Banjarnegara. Memiliki banyak sekali destinasi tempat wisata serta aktivitas lain didalamnya.

Selain pariwisata terdapat juga aktivitas pengelolaan lain. Supaya lebih mudah kami akan membedakannya dalam 2 hal yaitu:

1. Pemerintahan
  • Balai Desa
  • PGA / Pos Pengamatan Gunung Api
2. Produksi
  • PLTU GEODIPA
  • Kebun Warga
  • Home Indrusti Oleh2x
  • Jasa Pengelola Pariwisata
Study Tour di Dieng

Study Tour
Study Tour sendiri memiliki pengertian pembelajaran secara langsung pada sumbernya yang hanya bisa didapatkan diluar kelas. Jadi pertanyaannya sekarang apakah Study Tour itu bisa dilakukan di Dieng? Tentu saja bisa....

Berikut ini kami akan membagikan beberapa tujuan yang bisa gunakan untuk agenda Studi Tour selama di Dieng
  1. BALAI DESA, Tentu saja kantor balai desa bisa dijadikan untuk menambah ilmu pengetahuan secara langsung mengenai cara pengelolaan desa itu sendiri. Apa saja yang diperlukan dan apa yang tidak dan sebuah desa.
  2. POS PENGAMATAN GPA. Disini kalian bisa melakukan study tour dan mendapatkan ilmu secara langsung bagaimana menganalisa aktivitas gunung berapi dan langkah apa saja yang dapat dilakukan jika terjadi sesuatu hal
  3. PLTU GEODIPA. Sudah pasti disini kalian bisa mendapatkan ilmu secara langsung mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Apalagi Geodipa merupakan perusahaan BUMN nasional yang sudah besar dan terpercaya.
  4. KEBUN WARGA. Disini kalian bisa belajar mengenai berbagai macam jenis tanaman yang dapat dipanen mulai dari buah maupun sayuran. Jika study tour di Dieng kalian akan mendapatkan informasi secara langsung mengenai buah kentang super, carica, paprica, jamur, tembakau, dan beberapa sayuran.
  5. HOME INDUSTRI. Banyak sekali produksi terutama oleh-oleh di dataran tinggi Dieng seperti keripik, manisan carica, olahan kentang, olahan jamur, dan lain sebagainya. Semuanya itu diproduksi dalam home insutri di sekitar. Dengan malakukan study tour di Dieng dan mengunjungi tempat seperti ini kalian akan memndapatkan ilmu secara langsung bahkan praktek mulai dari bagaimana cara produksi,mencari pasar, distribusi, dan cara penjualan.
  6. PELAKU WISATA. Bagi yang bergerak di jurusan pariwisata, sangat sirankan untuk berkunjung ke beberapa kantor biro wisata yang banyak tersebar di Dieng. Banyak sekali yang dapat dipelajari secara langusung disini. Mulai dari merumuskan harga, mencari SDM, bergabung dalam komunitas, cara memasarkan layanan wisata, dan lain sebagainya.
Sudah 6 ide yang bisa kalian gunakan sebagai penyusunan tema dan tujuan untuk melakukan study tour di Dieng. Selain tempat tujuan itu sendiri, ada beberapa hal pendukung yaitu beberapa keunggulan jika kalian memilih tempat ini untuk melakukan study tour.

Keunggulan Jika Studi Tour Di Dieng
  • Lokasi Dekat
Jika kalian dari peta, desa Dieng berada di area tengah pulau Jawa. Dengan kata lain kawasan ini menjadi center lokasi pulau jawa dan dekat dari arah manasaja mulai dari jawa barat / jawa timur.

Lokasi peta dieng di tengah pulau jawa

  • Biaya Oprasional Minim
Biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan oprasional selama di Dieng sangat-sangat murah terjangkau. Mulai dari transportasi lokal, penginapan, konsumsi, HTM tiket masuk. Jika ditotal pengeluaran kalian di Dieng bisa jadi akan jauh lebih murah dibandingkan mengambil lokasi lain.

  • Menambah Ilmu Lapangan
Banyaknya tempat tujuan belajar yang telah kami sampaikan diatas, sudah pasti dapat menambah ilmu pengetahuan secara langsung dan prakteknya di lapangan.

  • Sambil Belajar Sekaligus Liburan
Jangan lupa bahwa ini merupakan dataran tinggi yang memiliki udara sejuk dengan banyak sekali destinasi tempat wisata Dieng. Banyak sekali spot-spot kekinian yang sangat cocok untuk kalian kaum muda-mudi yang sangat suka dengan background foto yang naturalistik.

Jurusan Apa Saja Yang Cocok?
Banyak sekali jurusan yang bisa masuk dalam kawasan Dieng, karena banyak sekali ilmu yang ada dalam ekosistem management di desa Dieng itu sendiri seperti beberapa hal yang telah kami sampaikan sebelumnya.

Contoh jurusan yang bisa melakukan study tour di Dieng diantaranya jurusan Management, Tata Kelola Daerah, Kesenian, Pertanian, Gelologi, dan tentunya jurusan Pariwisata itu sendiri. Selain itu masih banyak lagi jurusan yang bisa masuk untuk study tour di Dieng, tinggal menyesuaikan alur tema dan tujuan study tour kalian masing-masing.

Salah satu yang sangat cocok untuk melakukan study tour di Dieng adalah Ilmu Study Pariwisata dengan mengkususkan mencari materi pada pelaku-pelaku wisata lokal disekitar contohnya:
  1. Biro wisata Dieng
  2. Pengelola penginapan homestay
  3. Rental transportasi lokal = shuttle lokal / jeep
  4. Perkumpulan guide HPI
  5. Pengelolaan rumah makan untuk rombongan
  6. Pengelolaan pusat oleh-oleh untuk rombongan
  7. Komunitas pecinta alam
  8. Komunitas kesenian dan budaya
Demikian adalah beberapa informasi untuk anda yang sedang mencari tempat untuk study tour. Kalian juga bisa menghubungi kami untuk mengambil paket wisata Dieng yang berkaitan dengan study tour. Konsultasikan kebutuhan apa saja yang kalian butuhakan selama berada di Dieng. Kami akan menghitungkan dan mempersiapkannya untuk anda dan rombongan.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Agenda Study Tour Di Dieng"