Paket Wisata Kurnia Dieng Murah 2017
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / Pin BBM: D4390AEE

Oleh-Oleh Khas Dieng Wonosobo

Dataran tinggi dieng sangat dikenal dengan wisata budaya, sejarah, dan alamnya. Tidak heran berbagai kalangan hadir ke tempat ini untuk sekedar menikmati suasana alam dengan hawa sejuk sampai ke tulang alias DINGIN BANGET. berbagai macam objek wisata ada di dataran tinggi dieng, mulai dari telaga, kawah, candi, gua2x, bukit, pegunungan, air terjun, museum, bioskop film dokumenter, dll.

oleh oleh souvenir dieng

Jika berkunjung ke suatu tempat wisata pastinya anda akan mencari oleh-oleh atau souvenir yang khas didaerah tersebut. Nah kali ini kami ingin memberikan sedikit informasi tentang produk apa saja yang khas di Dieng kota Wonosobo ini.

Banyak sekali oleh-oleh khas dan souvenir Dieng yang dapat anda temukan di sepanjang jalan Dieng atau sepanjang perjalanan menuju ke dieng dari kota Wonosobo. Berbagai jenis oleh-oleh juga dapat anda dapatkan di toko2x kecil lainnya. berikut ini adalah daftar oleh-oleh khas Dieng yang ingin kami bagikan kepada calon wisatan Dieng Wonosobo.

1. Keripik Jamur Dieng

Keripik jamur Dieng ini sangat terkenal, rasanya yang khas pasti akan memikat lidah anda untuk terus memakannya. Produk keripik jamur ini cocok sebagai cemilan dikala senggang, saat perjalanan menuju pulang dari Dieng, dan juga tentunya sebagai buah tangan untuk keluarga / teman anda di rumah.

Jamur olahan khas Dieng ini biasanya terbuat dari bahan jamur ....... yang hidup di dieng. Untuk lebih jelasnya anda bisa datang langsung dan bertanya oleh para penjual-penjual makanan khas ini. Pengolahannya biasanya dengan cara digoreng dengan menggunakan tepung, dan dikeringkan baru dibungkus, sehingga makanan khas jamur Dieng ini dapat bertahan hingga berbulan-bulan.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau antara 10-20 ribu / bungkus tergantung ukuran dan beratnya. Jangan lupa jika anda berkunjung ke Dieng maka boronglah keripik jamur ini dan berikanalah sebagai buah tangan agar mereka penasaran dan dikemudian hari ingin berkunjung ke wisata Dieng.

2. Carica Khas Dieng

Carica adalah buah yang hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng, sebenarnya bisa tumbuh di tempat lain. Namun ada yang pernah mencobanya namun hasil dari buah tersebut tidak sebagus di dataran tinggi Dieng. Masyarakat setempat berinofasi membuat oleh-oleh khas dieng dengan bahan buah Carica tersebut. olahan yang banyak di jumpai adalah dibuat manisan.

Rasa manisan carica tersebut sangat khas dan tidak dimiliki oleh buah yang lain. Proses pembuatannya pun cukup rumit, karena carica ini memiliki cairan selaput yang dapat membuat gatal jika terkena kulit. Namun dengan tangan-tangan terampil dan terlatih, maka carica dapat diolah sebagi makanan khas Dieng yang sangata terkenal dan digemari oleh wisatawan. Ketika berjalan-jalan di mall semarang, ada salah satu stan yang khusus menyediakan jajanan khas Dieng carica dan keripik Jamur. Ini membuktikan bahwa makanan tersebut dapat masuk kedalam kalangan masayarakat indonesia.

Harga yang ditawarkan juga sangat murah mulai dari 5000 untuk botol plastik hingga 15.000 untuk botol kaca. keunggulan bagi yang membeli dengan botol kaca, sisa botolnya dapat digunakan sebagi tempat cupang bagi anda yang senang memelihara ikan :-)

3. Presto Holic Wonosobo (Lele, Nila, Bawal, Grass carp)

Sebenarnya bahan ikan tersebut ada dimana-mana, namun khusus di wonosobo diolah dengan sedikit berbeda dan jarang ada di kota-kota yang lainnya. Pengolahan dengna cara dipresto ini juga mencuri perhatian masyarakat wonosobo dan beberapa wisatawan Dieng.

Produk baru ini banyak terdapat di toko-toko oleh-oleh khas Wonosobo. Harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi mulai dari 8000 - 15.000 / bungkus tergantung jenis dan ukuran ikannnya. olahannya juga sangat sederhana, cukup dengan dipresto dan digoreng. Dalam bungkusan oleh-oleh tersebut terdapat sambal dan kremesan. Makanan khas wonosobo ini sangat pas untuk anda terutama untuk makan besar. Dengan cara dipanaskan lagi dirumah maka rasanya akan lebih terasa nikmat. Namun jika tidak sempat menggorengnya juga tidak masalah, bisa langsung dimakan.

Selain ada di pusat oleh-oleh di seluruh Wonosobo, makanan ini juga membuka warung kecil-kecilan di daerah desa Selomerto sekitar 6 km dari kota wonosobo menuju arah ke Purwokerto. Jika anda menyantap langsung di warung tersebut terasa lebih nikmat karena ikan yang disajikan masih hangat.

4. Kaos, Pin, Sleyer, Topi Bertemakan Deing

Souvenir Dieng yang ramai adalah berbentuk kaos, sebenarnya hampir sama dengan tempat wisata lainnya. Di dieng juga menjual berbagai produk kaos untuk souvenir, ada juga slayer, topi, ketu, pin, dll. Jika anda berkunjung ke kawasan Dieng dan sikunir maka anda akan banyak menjumpai prodk-produk terseut di pinggiran jalan raya Deing.


Masih banyak sekali oleh-oleh khas Dieng Wonosobo yang dapat anda beli dan dijadikan buah tangan. Maka dari itu, datanglah ke Wonosobo, ambil paket wisata ke Dieng, dan belilah oleh-oleh tersebut untuk sanak saudara anda.

0 Response to "Oleh-Oleh Khas Dieng Wonosobo"

Populer Di Dieng