LANGSUNG CHAT WA

Profile Kawah Sileri Dieng

Jika and berkunjung ke wisata Dieng biasanya wisatawan akan diajak menuju ke beberapa objek wisata yang ada disekitar Dieng seperti Kawah Sikidang, telaga warna, candi, DPT. Namun jika anda memiliki waktu yang cukup panjang bisa dicoba untuk mampir dan melihat fenomena alam luar biasa yang berjarak sekitar 8 KM dari Dieng kearah banjarnegara. Nama tempat wisata tersebut adalah Kawah Sileri.

kawah sileri dieng

Kawah Sileri berada di kecmatan Batur, kabupaten Banjarnegara. Jika ditempuh menggunakan kendaaraan mungkin sekitar 20 menit saja. Kawah sileri ini merupakan kawah vulkanik aktif, yang tercatat telah meletus beberapa kali, yang terkahir yaitu tahun 2009.

Saat ini kawah sileri sudah mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan dan bentuknya yang besar serta aman. Kawah Sileri sendiri memang tidak begutu ramai dengan penjual, tidak seperti di kawah sikidang atau tempal wisatawa lainnya di Dieng. Namun jika anda berkunjung kesana, wisatawan juga bisa menikmati beberapa objek wisata yang berada di sekitar kawah sileri tersebut seperti sumur jalatunda, kawah merdada, Telaga Dlingo, Kawah Condrodimuko.

Peta Lokasi Kawah Sileri

Silahkan lihat peta lokasi kawah sileri yang telah kami buat dibawah ini untuk informasi perjalanan wisata anda.

lokasi kawah sileri dieng

Kawah sileri berada di kabupaten banjarnegara. Jika anda menuju Dieng dari arah kota Wonosobo, silahkan ambil arah yang ke kanan atau menuju ke desa Batur, Banjarnegara. Selama perjalanan menuju ke kawah sileri ini, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam Asri. Pastinya ini akan menambah kesejukan di mata anda. Wisatawan akan melihat plang bertuliskan objek wisata kawah sileri. Jalan untuk menuju ke sana agak sedikit masuk kedalam gang. Setelah sampai di Area kawah Sileri, wisatawan bisa menikmati kawah dengan asap dan bau belerang itu dari atas maupun jalan turun sedikit sekitar 300 meter guna melihat dari dekat.

Profile Kawah Sileri

Kawah ini adalah kawah terebesar di Dieng yangmenjapai luas 4 hektar, dan pernah meletus beberapa kali. Kawah ini juga mengeluarkan asap putih yang menganduk vulkanik. Air yang ada dalam kawah sileri ini berwarna putih kental seperti air tajin / air beras. Air kawah ini mengalir melaui sungai kecil, dan dimanfaatkan warga sekitar untuk mengaliri perkebunan mereka.

Sejarah Kawah Sileri

Legenda yang dipercayai masyarakat sekitar tentang terbentuknya kawah sileri ini yaitu berawal dari seseorang yang ingin bersemedi untuk menambah ilmu. Orang tersebut membeawa beberapa perlengkapan yang diberikan oleh gurunya diantaranya yaitu kendi kecil yang berisikan air putih kental seperti susu / tajin. Dalam perjalannya orang tersbut mengalami musibah dan jatuhlan kendi tersebut sehingga tumpah dan jadilah kawah selieri / kawah yang memiliki air berwarna putih.

Pemanfaatan Air Kawah Sileri

  • Perairan di perkebunan sekitar: air ini digunakan oleh warga sekitar untuk mengairi tanaman mereka agar tetap tumbuh dengan baik
  • Pemandian air hangat: Digunakan oleh pelaku wisata yang membuat suatu waterpark disana. Air yang digunakan dalam waterpark tersbut berasal dari air kawah sileri.
  • Objek Wisata: Pasitnya tempat ini merupakan objek wisata alam yang langka di Dunia. Wisatawan dapat menikmati keindahannya dengan bersantai di gazebo yang telah disediakan oleh pengelola tempat tersebut.

Posting Komentar untuk "Profile Kawah Sileri Dieng"