LANGSUNG CHAT WA

Profile Kawah Sileri Dieng

Jika anda berkunjung ke tempat wisata Dieng biasanya wisatawan akan direkomendasikan untuk menuju ke beberapa tempat wisata yang ada disekitar Dieng Zona 1 seperti Kawah Sikidang, Telaga warna, Candi Arjuna, Plateau Theater.

Namun jika anda memiliki waktu yang cukup panjang bisa dicoba untuk mampir dan melihat fenomena alam luar biasa yang berjarak sekitar 8 KM dari Dieng kearah Banjarnegara. Nama tempat wisata Dieng tersebut adalah Kawah Sileri.
Foto Kawah Sileri Dieng Terbaru

Sileri Berada di Zona 2
Sileri berada pada Dieng Zona 2 atau tepatnya berada di kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara. Jika ditempuh menggunakan kendaaraan mungkin sekitar 20 menit saja. Tempat Wisata Dieng ini merupakan kawah vulkanik aktif, yang tercatat telah meletus beberapa kali, yang terkahir yaitu tahun 2009 lalu.

Saat ini tempat wisata kawah sileri sudah mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan karena keindahanya. Tempat wisata ini memang tidak begutu ramai dengan penjual di sekitarnya, tidak seperti di Kawah Sikidang atau tempat wisata Dieng lainnya area zona 1.

Dalam satu jalur Dieng Zona 2 ini anda juga bisa berkunjung menikmati beberapa tempat wisata yang berada di sekitar Kawah Sileri tersebut seperti Sumur Jalatunda, Kawah Merdada, Telaga Dlingo, Kawah Condrodimuko, Pemandian Air hangat Dqiano, Pemandian air hangat Segar Asri, Pemandian air hangat Banyu Alam

Peta Lokasi Kawah Sileri
Silahkan lihat peta tempat wisata kawah sileri yang telah kami buat dibawah ini untuk informasi perjalanan wisata anda.

Peta Lokasi Menuju Ke Kawah Sileri Dieng

Jika anda menuju Dieng dari arah kota Wonosobo, silahkan ambil arah yang ke kanan atau menuju ke desa Batur, Banjarnegara. Selama perjalanan menuju ke tempat wisata Dieng ini, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam Asri. Pastinya ini akan menambah kesejukan di mata anda. Wisatawan akan melihat plang bertuliskan tempat wisata kawah sileri.

Jalan untuk menuju ke titik kawah agak sedikit masuk kedalam gang. Setelah sampai di Area tempat wisata Kawah Sileri, anda bisa merasakan bau belerang yang mulai menyengat. Kalian bisa menikmatinya dari atas maupun sedikit berjalan kaki menuruni tangga sekitar 300 meter guna melihat dari dekat.

Cara Menuju Ke Kawah Sileri
Ada beberapa cara untuk menuju ke tempat wisata Dieng ini, yaitu dengan menggunakan petunjuk google map, bertanya kepada warga sekitar, menggnunakan plang jalan, ataupun ikut dalam Paket Wisata Dieng yang telah banyak disediakan oleh biro lokal seperti Kurnia Dieng Tour. Alat transportasi yang rekomended untuk menuju ke tempat wisata ini adalah menggunakan Jeep Wisata Dieng.

Kandungan dalam Kawah Sileri
Tempat wisata ini merupakan kawah terebesar di Dieng yang mencapai luas 4 hektar, dan pernah meletus beberapa kali. Kawah ini juga mengeluarkan asap putih yang menganduk vulkanik. Air yang ada dalam kawah sileri ini berwarna putih kental seperti air tajin / air beras. Air kawah ini mengalir melaui sungai kecil, dan dimanfaatkan warga sekitar untuk mengaliri perkebunan mereka.

Sejarah Kawah Sileri
Legenda yang dipercayai masyarakat sekitar tentang terbentuknya kawah sileri ini yaitu berawal dari seseorang yang ingin bersemedi untuk menambah ilmu. Orang tersebut membawa beberapa perlengkapan yang diberikan oleh gurunya diantaranya yaitu kendi kecil yang berisikan air putih kental seperti susu / tajin. Dalam perjalannya orang tersbut mengalami musibah dan jatuhlan kendi tersebut sehingga tumpah dan jadilah kawah selieri / kawah yang memiliki air berwarna putih.

Foto Kawah Sileri Dieng

Pemanfaatan Air Kawah Sileri
  • Perairan di perkebunan sekitar: air ini digunakan oleh warga sekitar untuk mengairi tanaman mereka agar tetap tumbuh dengan baik
  • Pemandian air hangat: Digunakan oleh pelaku wisata yang membuat suatu waterpark disana. Air yang digunakan dalam waterpark tersbut berasal dari air kawah sileri.
  • Tempat Wisata : Pastinya ini menjadi salah satu tempat wisata di Dieng yang termasuk langka di Dunia. Wisatawan dapat menikmati keindahannya dengan bersantai di gazebo yang telah disediakan oleh pengelola tempat tersebut.

Posting Komentar untuk "Profile Kawah Sileri Dieng"