Paket Wisata Kurnia Dieng Murah 2017
085643281606 / 087832042888 / 085290682990 (+WA) / Pin BBM: D4390AEE

Gelar Budaya Babad Dieng 2015, 2016, 2017

Dataran tinggi Dieng tidak henti-hentinya mengadakan kegiatan positif yang mendukung kelestarian budaya dan pariwisata lokal. kali ini terbukti di tahun 2015 ini ada kegiatan yang dinamai "Gelar Budaya Babad Dieng". Banyak sekali acara yang terdapat didalamnya. Kegiatan Babad Dieng ini khususnya tahun 2015 diadakan di tanggal 14-18 Oktober 2015.

Kegiatan babad Dieng 2015 ini diharapkan bisa berkelanjutan juga untuk tahun 2016 dan tahun 2017 yang akan datang bahkan diharapkan bisa dilakukan sampai selama-lamanya. Tujuan kegiatan ini sendiri yaitu untuk menunjukan kekayaan warisan budaya khususnya dataran tinggi Dieng Wonosobo Indonesia.

Gelar Budaya Babad Dieng menampilkan banyak sekali artis lokal dengan keterampilan dalam bidangnya dan juga menampilkan banyak sekali hal-hal yang mungkin tidak akan wisatawan dapatkan di tempat lainnya. Selain dari segi SDM (sumber daya manusia), untuk urusan SDA (sumber daya alam) juga tidak usah diragukan lagi. Dieng adalah kumpulannya objek wisata terfenomenal di pulau Jawa.

Macam Kegiatan Acara Babad Dieng

  • Camping
  • Pertunjukan Sendratari
  • Lomba Foto
  • Pameran Benda Pusaka
  • Bedah Buku
gelar budaya babad dieng terbaru

Camping / Kemah
Camping atau kemah adalah suatu kegiatan lapangan yang banyak di digemari akhir-akhir ini. Apalagi banyak sekali iklan untuk camping dan kemudahan dalam kita berkemah membuat peminat kegiatan outdoor ini sangat banyak.

Camping saat babad Dieng diadakan ini bertempat di kawasan bukit Sikunir, gunung Prau, dan gunung Pakuwojo. Di setiap lokasi wisata panitia menjunjung tema yang berbeda-beda. Di gunung Prau tema yang diangkat adalah "Panorama Seribu Satu Bukit", berbeda dengan camping di bukit Sikunir yaitu bertemakan "Keindahan Negeri Seribu Satu Awan", dan yang terakhir adalah di gunung Pakuwojo yang menjunjung tema Butu Cinta Seribu Satu Angan".

Harga untuk camping saat kegiatan Babad Budaya Dieng ini hanya Rp 185.000,- / Pax dengan fasilitas T-shirt, makan 2x, tiket lokasi Dieng zona 1, masker, tiket masuk kegiatan gelar budaya Dieng. dari ketiga tempat camping diatas, peserta diwajibkan untuk memilih salah satu dari tempat tersebut. Dengan mengikuti kegiatan ini, pastinya wisatawan akan lebih merasakan kebersamaan dengan sesama pecinta alam lainnya dari berbagai macam penjuru daerah.

Pertunjukan Sendratari
Tarian tradisional khas dieng Wonosobo yaitu tari lengger, namun di acara gelar budaya babad Dieng kali ini bukan hanya lengger saja yang ditunjukan namun ada beberapa diantaranya:
  1. Semar mbangun kahyangan
  2. Tari pendet
  3. Sendratari ngupadi
  4. Tari kecak
  5. Lantunan doa seribu lentera
  6. Sendratari hangruwat
  7. Sendratari mahabarata
  8. Tarian hangesti
  9. Tarian momongi anak
Acara sendratari ini diadakan di pendopo eks Dieng dengan HTM sebesar Rp 100.000,- saja. Di Dieng terdapat gua semar yang berada di kawasan telaga warna. Konon legendanya adalah di gua ini semar pernah bertapa dan singgah.

Pertunjukan sendratari ini pastinya akan seru dan meriah. Pasalnya dalam penyelenggarannya melibatkan ratusan personil untuk memaksimalakan acara tersebut.

Lomba Fotografi
Selain pertunjukan, kegiatan babad Dieng kali ini juga mengadakan lomba foto yang dibuka oleh umum. Bagi para pecinta camera, ini adalah kesempatan langka. Dimana anda bisa menikmati budaya Dieng sambil menyalurkan hobi anda dan dapat hadiah pula (Jika menang).

Lomba foto yang diadakan panitia babad Dieng 2015 bertemakan "Dieng Dalam Suatu Ketika". Banyak sekali kesempatan bagi peserta fotografi untuk mengeksplor Dieng. Lomba foto ini diadakan full mulai tanggal 14 oktober 2015 hingga selesai tanggal 18 oktober 2015. Jadi bagi para peserta lomba foto mendapatkan banyak waktu dan kesempatan untuk benar benar mengeksplor setiap detail daerah wisata dan budaya di dataran tinggi Dieng.

Bagi anda yang ingin mengikuti lomba foto, akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000,- saja. Ini harga yang sangat murah, jika dibandingkan dengan apa yang akan anda lihat dan abadiakan dalam sebuah foto.

Pameran Benda Pusaka
Pameran benda pusaka saat babad Dieng adalah moment yang ditunggu2x bagi wisatawan yang sangat senang akan sejarah. Pasalnya disini wisatawna dapat melihat dan menikmati secara langsung peninggalan nenek moyang kita yang masih ada hingga saat ini.

Benda pusaka yang akan pamerkan saat gelar budaya babad Dieng tahun 2015 ini menjunjung sumber daya asli lokal atau dengan kata lain benda pusaka yang akan dipamerkan adalah asli dari penemuan di daerah Dieng. Benda pusaka yang dipamerkan dipernyai telah berumur ratusan hingga ribuan tahun lalu.

Acara pameran benda pusaka ini juga diadakan full dari tangga 14-18 Oktober 2015 yang bertempat di homestay ratu Dieng, jika ingin tahu lihat saja di lokasi homestay Ratu dieng. pameran ini dibuka pada pukul 09.00 - 15.00 WIB. Tiket masuknya sangat murah hanya sebesar Rp 20.000,- saja.

Bedah Buku
Selain sejarah dan budaya, panitia babad Dieng kali ini juga mengangkat pendidikan memalui pameran bedah buku yang diadakan pada tanggal 16 Oktober 2015 di gedung soeharto whitlem. Lakasi gedung pendopo ini terletak di khasawan candi Dieng. Ingin tau lokasi detailnya lihat saja di Peta Candi Dieng di bawah ini.


Dalam bedah buku kali ini, yang akan diangkat yaitu tentang SERAT PARADEN DIENG DAN BABAD MATARAM. Dalam kegiatan ini, wisatawan akan diberikan informasi tentang pendidikan sejarah yang berasal dari beberapa buku yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh panitia babad budaya Dieng.

Cara Pembelian Tiket Babad Dieng 2015

Ini adalah hal yang terpenting, jangan sampai anda kehabisan tiket dan harus menunggu satu tahun lagi untuk menikmati acara seru ini. Untuk pembelian tiket anda bisa juga mengunjungi website http://www.yayasantamansyailendra.org/cara-beli-tiket-online. Dengan beberapa langkah sebagai berikut ini:

1. Tentukan hari / tanggal dan jenis kegiatan apa yang akan diikuti.
2. Daftarkan diri anda melalui email : belitiketgelarbudaya@gmail.com dengan format seperti berikut:
  • Nama (..........) Nomer identitas (...........) No Telpon (...............)
  • Nama (..........) Nomer identitas (...........) No Telpon (...............)
  • DST
3. Tunggu beberapa saat melalui email yang sama, anda akan mendapatkan Kode Booking.
4. Dalam waktu 1x24 jam silahkan anda melakukan pembayaran dengan transwer (lunas)
5. Kirim tanda bukti transwer dan tulis kode Booking anda.
6. Anda akan mendapatkan E-tiket melaui email
7. Gunakan E-tiket (print / foto di hp) dan Kartu Indentitas diri saat mendaftar untuk checkin kegiatan

Untuk info lebih jelas silahkan kunjungi: http://www.yayasantamansyailendra.org/cara-beli-tiket-online

Info Pengianpan Dieng
Bagi anda yang menginginkan booking penginapan bisa lihat daftarnya di: Penginapan Homestay Dieng Murah dan hubungi nomer yang ada di sana.
  • Arjuna
  • Siti Hinggil
  • Batu Kelir
  • Budjono
  • Ratu
  • Puspa Indah
  • Kresna
  • Nusa Indah
  • dll

Jadwal Kegiatan Babad Dieng Tahun 2015

Silahkan anda lihat jadwal kegiatan secara detailnya di sini: Acara Babad Dieng 2015.

Ayo segera daftarkan dirimu dan nikmati rangkaian acara demi acara yang telah panitia persiapkan, dan selamat berlibur.

0 Response to "Gelar Budaya Babad Dieng 2015, 2016, 2017"

Populer Di Dieng